Kamis, 28 Mei 2015

Tujun Pendidikan Islam


TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Disusun dalam Rangka Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam Oleh Dosen: Busahdiar, MA.

 

 

Description: C:\Users\Public\Documents\LOGO UMJ.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH :

 

1.      Nouval Dhiya’ Hanan        (2012510029)

2.      Lazuardi Eka putra H        (2012510004)

3.       Qonita Lutfiah                  (2012510025)

 

 

Program Studi Pendidikan AgamaIslam

Fakultas Agama Islam

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

2012

 

 

 

Kata Pengantar

            Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita. Barang siapa yang Allah beri hidayah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya hidayah. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

      Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu Pendidikan  Islam pada - Program Studi Pendidikan Agama Islam – Fakultas Agama Islam – Universitas Muhammadiyah Jakarta.

      Disadari sepenuhnya bahwa tulisan ini masih jauh dari lengkap, apalagi dikatakan sempurna. Apa yang tersirat tidak sepenuhnya dapat dituliskan secara jelas, sebaliknya apa yang telah tersurat juga belum tentu dapat dimengerti pembaca dengan baik. Semua itu adalah cerminan dari sebagian kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri kami. Untuk itu, bantuan dan saran dari semua pihak masih diharapkan untuk kesempurnaan tulisan ini.

      Lebih dari itu, dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan kepada kami. Semoga seluruh niat baik, amal ibadah, dan keikhlasan berbagai pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini, mendapatkan berkah dan kenikmatan berlimpah dari Allah.

      Mudah-mudahan apa yang kami tulis bermanfaat untuk kami, dan teman-teman. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarganya, para Sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti jejak mereka sampai hari Kiamat.

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

 

 

Kata Pengantar____________________________________________________________ iv

Daftar isi ________________________________________________________________ v

Pembahasan ______________________________________________________________ 1

A.    Pengertian Tujuan Pendidikan Islam _________________________________  1

B.     Konsep Pendidikan Islam  _________________________________________  2

C.     Macam-macam Tujuannya _________________________________________ 3

D.    Tujuan Pendidikan Islam & Kaitannya dengan Pendidikan Nasional ________ 4

Kesimpulan ______________________________________________________________ 5

Daftar pustaka ____________________________________________________________ 6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan

            Pada masa sekarang, masa dimana globalisasai tidak bisa dihindari, akan tetapi adanya perkembangan zaman itulah yang harus diterima dengan cara apapun. Ilmu pengetahuan bagi manuasia merupakan suatu hal yang penting untuk kelanjutan eksistensinya dan untuk mempertahankan hidupnya. waktu dan masa itu ditentukan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu Allah SWT membekali manusia dengan ilmu pengetahuan agar dapat mengatur dan mengolah bumi untuk kepentingan seluruh umat manusia. Ilmu pengetahuan itu dijadikan sebagai salah satu modal dasar untuk mengolah sumber daya alam, agar manusia dapat lebih mengembangkan potensinya dalam mengenal dan mengabdikan dirinya kepada Alloh SWT.

                Pendidikan Islam adalah salah satu cara untuk merubah pola hidup mereka. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah pendidikan Islam itu seperti apa. Manusia yang dibina adalah makhluk yang memiliki unsur-unsur material (jasmani) dan imaterial (akal dan jiwa). Pembinaan akalnya menghasilkan ilmu. Pembinaan jiwanya menghasilkan kesucian dan etika, sedangkan pembinaan jasmaninya menghasilkan keterampilan.

            Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menguraikannya dalam makalah ini dengan pembahasan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembahasan

A.    Pengertian Tujuan Pendidikan Islam

           

            Tujuan merupakan suatu yang diharapkan setelah usaha selesai. Dapat pula diartikan sebagai apa yang hendak dicapai dalam aktivitas yang didukung segala sarana dan prasarana yang baik. Pendidikan merupakan aktivitas perubahan sebagai upaya penanaman nilai-nilai spiritual dan materi yang dilakukan oleh orang dewasa secara sadardan bertanggung jawab pada anak-anak . sedangkan Islam ialah suatu ajaran yang menjadi prinsip dan sebagai penyempurna yang akan mengarahkan jalan hidup manusia berdasarkan Al-qur’an dan Hadits.

            Dari definisi diatas maka, tujuan pendidikan agama islam adalah segala sesuatu yang hendak dicapai dalam penanaman nilai materi dan spiritual secara sadar dan bertanggung jawab berdasarkan Al-qur’an dan Hadits.

                Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Bab 1 ayat 1, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

            Maka tujuan pendidikan Islam juga identik dengan tujuan Islam itu sendiri. Sedanagkan Muhammad Umar Altomi Al-Zaibani yg dikutip oleh Djalaluddin mengatakan tujuan pendidikan Islam adalah untuk mempertinggi nilai-nilai akhlak hingga mencapai akhlak ul karimah. Tujuan ini sama dan sebangun dengan tujuan yang akan dicapai oleh misi Rasulullah Saw. Yaitu :

  عن ابي هر يرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اِنَّمَا بُعِثْتُ لِاُ تَمِمَ مَكَا رِ مَ الْاَخْلاَقْ

  1. Dari Abu Hurairah Radliyallahu 'Anhu (semoga Allah meridlainya) ia berkata, bahwa Rasulallah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah bersabda: "Sesungguhnya aku diutus (oleh Allah) untuk menyempurnakan akhlak (manusia).

 

           

B.    Konsep Pendidikan Islam

 

            Pendidikan yang ada di negara kita mengalamai berbagai problem dan kendala yakni, kualitatif dan kuantitatif. skala kualitatif artinya betapa besarnya persoalan pendidikan yang kadar kehadirannya semakin sungsang. Sedangkan skala kuantitatif artinya masalah yang dihadapi menyangkut hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Pemahaman terhadap nuansa pendidikan dalam visi problematika ada berbagai indikasi yang tertuang dalam berbagai pendekatan yakni :

1.      Pendekatan suprastruktur yang memperhatikan kedudukan pendidikan agama dalam dunia eksistensi meliputi :

 

a.      Akselerasi social dimana percepatan budaya dan informasi sangat berpengaruh

b.      Budaya matrealis dan individualis

c.       Lingkungan pergaulan

 

2.      Pendekatan infrastruktur yang memperhatikan kemampuan yang ada dalam pendidikan itu sendiri meliputi :

 

a.      Praktik pengajaran yang optimal

b.      Sarana pendidikan yang memadai

c.       Penggalian pendidikan yang belum maksimal

 

                Konsep utama pendidikan islam adalah Al-qur’an dan hadits di samping qiyas, nilai kebaikan, adat dan ijtihad atau pendapat para pakar pendidikan. Konsep pendidikan islam menyangkut kehidupan manusia seutuhnya yang tidak hanya memperhatikan segi aqidah saja tetapi lebih luas dari itu  yakni:

a.       Pendidikan islam mencakup semua dimensi manusia sebagaimana ditentukan oleh islam

b.      Pendidikan islam menjangkau kehidupan dunia dan akhirat secara seimbang

c.       Pendidikan islam memperhatikan manusia dalam segala gerak kehidupan

d.      Pendidikan islam berlanjut sepanjang hayat

e.      Kurikulum pendidikan islam akan menghasilkan manusia yang mengerti akan hak dan kewajibannya di dunia dan di akhirat

                Berdasarkan konsep diatas maka dari sana sudah tergambar apa yang menjadi tujuan pendidikan islam yaitu untuk membina manusia agar menjadi hamba Allah yang shaleh dalam seluruh aaspek kehidupan baik perbuatan, perkataan, pikiran, dan perasaan.

 

C.     Macam - macam Tujuan pendidikan islam

            Tujuan pendidikan islam dalam lembaga-lembaga pendidikan pada masa perkembangannya tidak selalu tetap. Seperti tujuan pendidikan pada abad pertama Hijriyah berbeda dengan tujuan pendidikan pada abad keempat Hijriyah. Hal ini dikarenakan perbedaan aliran paham mereka.

Dari berbagai macam tujuan pendidikan yang ada, terdapat dua macam tujuan yang prinsipil, diantaranya adalah tujuan keagamaan dan tujuan keduniaan.

 

 

1.      Tujuan Keagamaan

            Yang dimaksud dengan tujuan keagamaan adalah bahwa setiap ptibadi orang muslim beramal untuk akhirat atas petunjuk dan ilham keagamaan yang benar, yang tumbuh dan dikembangkan dari ajaran-ajaran islam yang bersih dan suci. Tujuan keagamaan juga mengandung makna yang lebih luas yaitu suatu petunjuk yang benar yang harus diikuti oleh setiap muslim dengan ikhlas sepanjang hayatnya dan msyarakt manusia berjalan secara manusiawi.

2.      Tujuan Keduniaan

Tujuan keduniawian sebagaimana menurut paham pragmatism yang pelopori oleh John Dewey dan William Kilpatrick adalah diarahkan pada pekerjaan yang berguna dan untuk  mempersiapkan anak menghadapi kehidupan masa mendatang.

 

Para filosof mempunyai rumusan yang berbeda-beda tentang tujuan pendidikan yakni :

·         Aristoteles mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah mempersiapkan akal untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebagaimana bumii disediakan untuk tumbuhan dan hewan

·         Immanuel kant mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengangkat manusia kepa kesempurnaan yang mungkin dicapai

·         Herbert spencer mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah mempersiapkan manusia supaya dapat hidup dengan kehidupan yang sempurna.

Selanjutnya Abdullah Al-fayad juga membagi tujuan pendidikan menjadi dua macam :

1.      Persiapan untuk hidup diakhirat

2.      Membentuk perorangan dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk menunjang kesukseesan hidup didunia

            Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan islam mengandung implikasi abadi dan positif. Abadi karena tujuan akhir tersebut dapaat menembus dimensi ruang dan waktu sedang positif karena senantiasa membentuk perkembangan potensi bawaan manusia sebagai mahkluk jasmani dan rohani ciptaan tuhan.

 

D. Tujuan Pendidikan Islam dan Kaitannya dengan Tujuan Nasional

                Tujuan pendidikan islam dan tujuan pendidikan nasioal tidak dapat dipisahkan. Hal ini dapat diketahui dari dua segi, pertama dari konsep penyusunan system pendidikan nasional sendiri. Kedua dari konsep hakikat pendidikan islam dalam kehidupan beragama. Penyusunan suatu system pendidikan nasional mementingkan masalah eksistensi manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia khususnya yang tertuang dalam proklamasi kemerdekaan . dilihat dari hakikat pendidikan agama islam yang telah menyebar hampir keseluruh nusantara yakni sekolah pemerintah berdasarkan agama dan sekolah swasta berdasarkan kebangsaan lembaga inilah yang menjadi modal pendidikan nasional .

                Kaitannya antara pendidikan islam ada pada UU No. 12 tahun 1954 dan UU No. 4 tahun 1950 yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang cakap dan warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawabtentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

Bagian –bagian tertentu dalam tujuan pendidikan nasional adalah:

a.       Tujuan Institusional, yaitu tujuan yang hendak dicapai dengan tingkat, jenis, dan jenjangnya

b.      Tujuan Kurikuler, yaitu berdasarkan kurikulum atau kegiatan-kegiatan mata pelajaran sesuai dengan target

c.       Tujuan Instruksional Umum, yaitu rumusan tujuan pengkhususan dari tujuan kurikuler

d.        Tujuan Instruksional khusus, yakni rummusan tujuan yang lebih khusus

 

                Dalam pendidikan islam dan proses belajar mengajar atau hasil belajar selalu inhern dengan keislaman yang melandasi aktivitas belajar yaitu Al-qur’an dan hadits serta terbuka untuk unsure-unsur luas secara adaftif. Perubahan yang dikehendaki islam yaitu perubahan yang dapat menjembatani individu dengan masyarakat dan khaliqnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kesimpulan

 

Dari beberapa uraian yang telah penulis kemukakan dari beberapa pendapat para tokoh pendidikian Islam bahwa pendidikan pada dasarnya memiliki beberapa tujuan. Tujuan yang terpenting adalah pembentukan akhlak objek didikan sehingga semua tujuan pendidikan dapat dicapai dengan landasan moral dan etika Islam, yang tentunya memiliki tujuan kemashlahatan di dalam mencapai tujuan tersebut. Mengenai mekanisme pelaksanaanya, hal ini tentunya memerlukan kajian yang lebih mendalam sehingga nantinya implementasi dari teori tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipandang relevan dengan kondisi yang terikat dengan faktor-faktor tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

UU Sisdiknas No. 20 tahun. 2003

Djalaludin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo 2001)

 


UU No. 12 tahun 1954,UU No. 4 tahun 1950

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.